Senin, 03 Oktober 2011

Cara Hosting Website Untuk Toko Online

CMS untuk Membuat Toko Online
Ini hanya catatan tentang Cara Hosting Website Untuk Toko Online. Saat ini saya sedang membuat sebuah Toko Online yang akan digunakan untuk jualan Obat Herbal. Ini bukan toko saya, cuma kebetulan saja saya bekerja di sebuah Toko Obat Herbal dan Atasan saya meminta saya untuk membuat sebuah Toko Online untuk meningkatkan penjualan Produk Herbal dari Toko Offline-nya.

Sebetulnya sih, sebelumnya sudah pernah bikin Blog. Dan lumayan juga, dari blog tersebut ada beberapa transaksi pembelian. Cuma sayangnya blog itu sekarang sudah tamat karena ulah Google Panda. Maklumlah blog gratisan di blogspot yang domainnya pake domain gratisan co.cc, hehehe...
Nah, belajar dari pengalaman tersebut, dan melihat hasilnya yang lumayan, maka Boss saya memutuskan untuk membuat Toko Online yang menggunakan Domain dan Hosting Berbayar sekalian. Biar profesional, gitu loh! Hihihi...


Untuk mewujudkan keinginan Boss saya tersebut, maka saya mulai berburu informasi tentang cara membuat toko online. Setelah searching-browsing sana-sini, akhirnya bertemulah dengan segerombolan CMS yang khusus digunakan untuk membuat toko online. Ada yang namanya Prestashop, Opencart, nopCommerce, Zen Cart, Magento dan osCommerce.
Setelah liat fitur-fitur dari masing-masing CMS tersebut, dan meminta saran dari Boss saya, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Prestashop.
Yup, satu hal sudah selesai.

Sekarang langkah kedua, Domain dan Hostingnya mau beli dimana, ya?
Berburu informasi lagi, searching-browsing sana-sini, ketemu sama sama yang namanya Masterweb.net (MWN), JagoanHosting, RumahWeb, RumahHosting, dll.
Lalu setelah liat fitur-fiturnya dan liat forum sana-sini, akhirnya saya putuskan pakai JagoanHosting aja, karena saya hitung-hitung jatuhnya jauh lebih murah dalam setahun dan di softaculous-nya ada Prestashop-nya. Jadi gak perlu repot-repot install Prestashop dengan cara manual.
Kalau ingin lebih mudah lagi, anda bisa memesan Toko Online yang sudah jadi di JagoanStore (jasa pembuatan toko online dari JagoanHosting). Tapi mahal, gan! Harus keluar duit 900ribu! Makanya saya bikin sendiri aja! hehehe....
Kalau ada duit sih, maunya beli. Kan, nggak perlu susah-susah bikin sendiri. Waktunya bisa digunakan untuk fokus ke penjualan dan promosi.


Nah, di bawah ini adalah Cara sewa Domain dan Hosting untuk membuat Website Toko Online di Jagoan Hosting.

1. Buka website JagoanHosting.



2. Pilih tab Domain, lalu klik Domain Internasional TLD.



3. Pilih nama Domain yang anda inginkan. Lalu klik ORDER NOW!



4. Kalau muncul halaman Konfirmasi Domain, klik saja link dengan tulisan "[Tidak ada paket hosting yang Anda pilih sebelumnya! Silahkan klik untuk menambahkan]"



5. Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman Daftar Paket Hosting yang default-nya menggunakan server US. Jika anda ingin menggunakan server Indonesia, klik saja tab "Profesional Shared Hosting ID".



6. Silakan pilih paket shared hosting yang anda inginkan, misalnya; ID COPPER. Lalu klik tombol Pesan Sekarang!



7. Kemudian anda akan dibawa pada halaman Konfigurasi Produk. Silakan klik tombol Klik untuk melanjutkan >>




8. Selanjutnya akan muncul halaman Daftar Pesanan yang menginformasikan tentang paket hosting dan domain yang telah anda pesan sekaligus dengan total harganya. Jika anda belum login, silakan klik link yang bertuliskan "Klik di sini untuk login".



9. Lalu anda akan dibawa ke halaman Informasi Pendaftar Domain yang berisi pilihan informasi kontak yang anda inginkan dan metode pembayarannya. Jangan lupa beri tanda centang pada tulisan "Saya telah membaca dan menyetujui Syarat dan ketentuan layanan". Kemudian silakan klik tombol Pesan Sekarang!



10. Selanjutnya akan muncul semacam Tagihan atau Invoice seperti gambar di bawah ini.



11. Segera lakukan pembayaran dan konfirmasikan pembayaran anda!
a) Klik tab Konfirmasi pembayaran.

b) Isi komplit Form Konfirmasi Pembayaran, lalu klik tombol submit!



12. Selesai.






Langkah-langkah Membuat Toko Online:
1. Cara Hosting Website Untuk Toko Online
2. 5 Langkah Mudah Install Prestashop

3 komentar: