Tes Kecepatan Website / Blog dengan PageSpeed Insights

Jika anda adalah seorang blogger atau pemilik sebuah website tentunya tahu bahwa kecepatan website atau blog menjadi salah satu unsur yang penting dan harus diperhatikan dalam pembuatan website atau blog. Google juga menganggap hal ini penting, itu sebabnya dia menyediakan tool PageSpeed Insights agar bisa digunakan oleh para pemilik website untuk melakukan tes kecepatan website / blog. Dan seperti biasa, Google menyediakan tool ini secara gratis. Goooooogle gitu, loh..!

Emangnya kecepatan loading sebuah blog atau website itu penting banget, ya?
Sebenarnya jawaban dari pertanyaan semacam ini sih mudah saja. Cukup dengan logika sederhana dan melihat pengalaman pribadi masing-masing saja. Jika Anda membuka sebuah blog tapi loading-nya lama, bagaimana perasaan Anda? Nah, blog atau situs yang kecepatan loading-nya lambat, pasti lama-lama akan ditinggalkan oleh pengunjung setianya. Jadi bagaimana? Apakah Anda akan membiarkan saja blog Anda loading-nya lemot? Saya kira Anda sendiri yang bisa menjawabnya.
Baca juga: Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog

Ok, kita lanjut. Cara cek kecepatan website di PageSpeed Insights ini cukup mudah. Anda hanya tinggal mengunjungi laman PageSpeed Insights di sini, lalu masukkan URL website/blog anda ke kolom yang disediakan lalu klik tombol ANALYZE. dan..., taraaa..., hasilnya pun muncul seperti di bawah ini.



Ada 2 tabs: Mobile dan desktop.
Masing-masing tab ada keterangan Speed dan Optimization. Gambar di atas adalah kecepatan blog saya di versi Mobile. Kalau yang versi desktop-nya, lihat gambar di bawah ini.



Hlah! Tapi, kok di keterangan Speed-nya cuma tertulis Unavailable?
Nah, itu yang saya nggak pahami, hehehehe...😅
Mungkin Google sedang melakukan perbaikan pada laman PageSpeed Insights, kali...
Buktinya bukan cuma blog saya saja kok yang Speed-nya berstatus Unavailable. Laman Google sendiri juga gitu. Waktu saya cek kecepatan website Google, hasilnya seperti di bawah ini.





Aneh, kan? Masak Speed-nya Google juga Unavailable?
Tapi waktu saya cek website punya moz.com, Speed-nya malah bisa muncul, tuh! Coba lihat gambar di bawah ini.





Jadi apa yang salah?
Ya saya sih nggak tahu apa yang salah. Mungkin ya itu tadi, Google sedang melakukan perbaikan. Atau mungkin koneksi internet saya yang lagi trouble? Mungkin karena kecepatan internet saya sedang lemot? Ah, entahlah. Yang penting saya masih bisa posting dan berbagi pengetahuan dengan kalian semua.

Oiya, di dalam keterangan PageSpeed Insights dari hasil tes kecepatan website moz.com juga menyebutkan tentang FCP dan DLC. Lihat gambar di bawah ini!



Karena saya nggak terlalu paham dengan bahasa inggris, maka saya gunakan Google Translate untuk mengartikan keterangan itu. Dan hasilnya seperti ini:
"Data dari laporan Chrome User Experience menunjukkan rata-rata halaman ini FCP (1.7s) dan DCL (2.0s) berada di sepertiga dari semua halaman. Halaman ini memiliki optimasi tingkat menengah karena beberapa sumbernya adalah render-blocking."

Saya sendiri belum paham dengan FCP dan DCL. Yang saya tahu, FCP itu singkatan dari First Contentful Paint. Sementara DCL itu singkatan dari DOM Content Loaded. Entah maksudnya apa, tapi intinya jika nilai prosentasi di grafik yang warna hijau itu tinggi, maka kecepatan website/blog Anda semakin baik. Kalau ingin memahami lebih jauh tentang FCP dan DCL, silakan Anda googling sendiri, ya...

Yup! Saya kira cukup sampai di sini saja blogging tips yang berisi pembahasan tentang cara cek kecepatan loading website/blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.😀

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments