Memperbaiki Error di AMP Theme: The Attribute Logo.Height Has an Invalid Value


Mungkin anda pernah melakukan AMP Test di tool-nya google dan mendapatkan hasil seperti gambar di atas.
Nah, kebetulan saya juga punya pengalaman yang sama saat melakukan test AMP untuk salah satu blog saya. Dan hasilnya persis seperti gambar di atas itu. Selama ini saya nggak pernah menemui keterangan seperti itu setiap kali saya test AMP blogspot theme dari para penyedia blogger template.
Karena penasaran, akhirnya saya klik Explore Optional Values, dan ternyata saya dibawa ke halaman Structured Data Testing Tool punya Google. Tampilannya seperti gambar di bawah ini:
Di situ dikatakan bahwa di bagian Blog Posting ada 5 error. Walah! Ini error apaan, ya? Penasaran lagi, lalu saya klik aja. Dan saya pun dibawa ke halaman berikutnya. Lihat gambar di bawah ini:

Apaan sih ini? Penasaran, lalu saya klik lagi. Dan terbukalah sebuah halaman dengan banyak keterangan yang saya nggak paham. Tapi ada satu yang menarik perhatian. Ada lingkaran merah dengan tanda silang putih dan di sebelah kanannya ada tulisan "The attribute logo.height has an invalid value." Lihat gambar di bawah ini:

Lalu saya klik kalimat itu, dan kemudian halaman di sebelah kiri yang berisi kode HTML itu menunjukkan letak dari error tersebut. Lihat gambar di bawah ini:

Tadinya saya nggak ngerti, dimana letak salahnya? Tapi setelah cari-cari di google, akhirnya ketemulah sebuah artikel dari Google yang menerangkan tentang penggunaan Logo pada AMP theme.
Intinya, saya harus mengubah height-nya jadi 60px saja. Lihat tanda panah yang ada di gambar atas.
Kode sebelumnya seperti ini: <meta content='150' itemprop='height'/>
Lalu harus diganti jadi begini: <meta content='60' itemprop='height'/>
Jadi cuma ganti nilai dari 150 jadi 60.

Cara menggantinya tentu saja dengan masuk dulu ke dashboard Blogger. Lalu Edit di bagian Theme-nya dan jangan lupa di-Save. Lihat gambar di bawah ini:

Oiya, keterangan Logo Guidelines dari Google tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Atau kalau Anda ingin baca keseluruhan Logo Guidelines tersebut, silakan kunjungi situsnya di sini: https://developers.google.com/search/docs/data-types/article#logo-guidelines
Kalo nggak paham bahasa inggris, ya di-translate aja pake Google Translate. Saya sering pake, karena saya juga nggak paham bahasa inggris.
Kalo saya sih ambil intinya saja, yaitu height untuk gambar logo yang digunakan di AMP theme hanya boleh pake ukuran 60px. Ini menurut pengalaman saya pribadi. Entah kalo teman-teman yang lainnya, mungkin mereka punya pengalaman yang berbeda. Dan pendapat saya itu juga bisa salah. Siapa tau ukuran Logo AMP ternyata bebas. Kali aja, emang saya yang nggak paham cara setting-nya. Kalo ada teman-teman ada yang punya pengalaman berbeda, silakan di-share di kolom komentar.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments